Geothermal Fields

New Pages..

Here are the profile of the geothermal fields, you can add the profile and

explain about their achievements..

its great to know about the other geothermal fields..

Enjoy..

16 responses

10 01 2010
lisa

sangat disayangkan kalu hutan lindung jadi tercemar.semoga lebih bijak dalam mengambil keputusan

13 01 2010
geothermalstudentstudy

wah sebenernya si iya .. hanya saja kalo diliat lagi penggunaan geothermal yang notabene sedikit merusak lingkungan .. mana yang lebih bijak?? kuncinya adalah bijaksana dan terbuka saya rasa..

salam hangat ..

1 07 2010
detu

Coba tolong jelaskan bagaimana geothermal “sedikit” merusak lingkungan ?

Terlepas dari masalah teknologi, human factor juga sangat berperan terhadap kerusakan lingkungan. Terlebih lagi, kalo pembangunan PLTP tersebut tidak disorot. Ini akan menjadi tipikal proyek-proyek di Indonesia, yang kotor dan sarat suap-menyuap. Adalah lebih baik kalo bersikap kritis terhadap pembangunan PLTP ini. Analisis lingkungan tentang PLTP ini dipublish, selebar-lebarnya di media-media, agar orang-orang melek. Jangan seperti beli kucing dalam karung. Saya yakin warga Bali akan sangat kritis tentang PLTP ini.

15 10 2010
ratna saptaningsih

Kalo istilah ekplorasi di dunia pertambangan memang harus melakukan pemboran sumur, bung!!

17 10 2010
geothermalstudentstudy

wah jadi makin hangat nih .. sebenernya kalo kita menganggap semua perusahaan jelek dan tidak perduli lingkungan itu juga tidak bisa dibenarkan, karena saya melihat sendiri waktu berkunjung ke beberapa pembangkit seperti wayang windu dan kamojang, sepenglihatan saya disana benar2x daerahnya masih hijau, dan pendududuk sekitar juga tampak berkegiatan normal, memang pasti pada saat pengeboran dan pengetesan sumur( well test) pasti ada gangguan hanya saja tidak akan separah industri lain. kalo amdal sudah ada undang2xnya, tinggal stakeholder (masyarakat ) menjadi peranan penting untuk tetap menjaga dan mengawasinya.. tapi kalo dilihat positivnya, daerah sekitar akan mendapat listrik, devisa negara dan lain2x, gimana ??

26 11 2010
dwi

Mbah mu!..energi listrik yang di bangkitkan dari PLTP bedugul lebih penting dibandingkan beberapa pohon yang di tebang di hutan sana. Kalo gak mau, kita jangan pakai listrik lah. Kecewa!! Pikirin berapa pohon yang harus ditebang kalo mau pake energi lain??..Haah

15 12 2010
dhiant

wah kalo pemboran/eksplorasi ya mesti merusak/dengan kata lain ada peruabahan lahan..bung

26 09 2011
ryanGEO08

ini permasalahannya hanya sedikit masyarakat umum yang mengerti tentang keberadaan Geothermal khususnya eksplorasi. peranan stakeholder sangat penting disini untuk mensosialisasikan apa itu eksplorasi dan dampak positif dan juga negatif dari eksplorasi bahkan eksploitasi Geothermal.

salam

17 11 2011
Wayan H. Y.

Mantab nih tulisannya…

Komen saya begini:
mengenai perijinan, itu hanya masalah nego antara pusat, provinsi dan kabupaten. yg bikin pusing adalah karena euforia otonomi daerah yang bikin masing2 daerah merasa harus mendapat keuntungan sebesar2nya dan tidak lagi memikirkan secara lebih luas atau global.. kalau geothermal di Bali bisa berjalan, bali mungkin tidak akan perlu pembangkit listrik berbahan bakar batubara yang saat ini sedang dikaji.
Bagi orang yang mengerti, pasti akan memilih geothermal dibandingkan batubara (pembangkit dengan polusi paling parah!!). Masalahnya bagi yang awam akan berpikir pembangkit tenaga batubaranya ditaruh saja di pesisir yang gersang, tidak mengganggu hutan dan masyarakat.. Padahal polusinya (terutama udara) tidak hanya akan mengganggu disekitar pembangkit itu saja, tapi seluruh Bali akan “menikmati” abu, asap, dan semua polutannya (CO2, SO2, NOx, CO, dst..dst..).
DAN, jika berpikir lebih besar lagi: pembangkit tenaga batubara itu akan menyumbang ke pemanasan global.
Tentunya ini sangat bertentangan dengan rencana Pemda Bali yang punya cita-cita menjadi provinsi “hijau” pertama di Indonesia.

Kemudian mengenai kesakralan dan kesucian, ini isu yang lebih sensitif dan harus dibahas dengan lebih hati-hati.
Di tulisan diatas dikatakan bahwa Dewa Wisnu sebagai pemberi kemakmuran umat manusia. Sangat setuju sekali! Gunung (Dewa Wisnu) memang adalah pemberi kemakmuran, selain siklus air, mata air, tanah yang subur, dan kemakmuran lainnya yang selama ini sudah biasa diolah dan dinikmati manusia, ada juga tenaga panas bumi yang dapat membantu manusia untuk menjadi lebih makmur.
Hanya karena pemanfaatan panas bumi ini belum banyak dimengerti, maka akan terlihat sangat mengerikan ketika peralatan berat masuk dan membuat lubang bor ribuan meter (apalagi ditambah dengan memori ttg kasus lapindo di Sidoarjo).
Tapi kasarnya begini, kalau tenaga panas bumi ini tidak boleh diberdayakan, maka logikanya kesuburan tanah dan sumber air juga tidak boleh diberdayakan donk?

Lanjut lagi mengenai kepercayaan dan kesucian, Bagi warga Hindu Bali, ada konsep yang dinamakan Tri Hita Karana yaitu keseimbangan antara Tuhan, Manusia, dan bumi (lingkungan). Dan saat ini Bali sudah tidak seimbang, paling tidak diantara manusia dan bumi (lingkungan). buktinya begini, kebutuhan listrik perlu di”import” dari pembangkit di Jawa. Kemudian jika jadi membangun pembangkit bertenaga batubara, maka keseimbangan ini akan bertambah timpang. Mungkin kebutuhan listrik akan memadai, tapi polusi udara yang dihasilkan akan sangat mengganggu lingkungan dan bukan hanya disekitar lokasi pembangkit tapi se-Pulau Bali, bahkan secara global akan terpengaruh. Belum lagi jika menghitung kerusakan lingkungan yang diperlukan untuk menambang batubara, dan transportasinya ke lokasi pembangkit.

Layaknya jika orang akan mengambil keputusan, seharusnya ia akan menimbang untung-rugi dari masing-masing pilihan yang tersedia. Bagi saya, sependek pengetahuan saya mengenai hal ini, saya akan jauh memilih geothermal daripada batubara. Alasannya simple: geothermal perlu merusak sedikit hutan lindung, tapi kemudian akan mendapatkan “energi bersih” selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan. Sedangkan batubara meskipun lahan pembangkit bisa di pesisir gersang, tapi selama pembangkit tersebut berproduksi, dia juga akan menghasilkan polusi yang sangat buruk bagi lingkungan. Belum lagi jika dihitung keekonomiannya dimana pembangkit batubara akan selalu memerlukan suply bahan bakar yang akan mengeluarkan uang keluar negeri (katanya direncanakan untuk membeli dari australia).

Wah, jadinya panjang juga nih.. hehe.. sori yah..
Tulisan ini saya co-pas ke blog saja deh…
oh iya, mohon ijin untuk memasang link blog anda di tulisan saya yaaa..
http://energiuntukbali.blogspot.com/

Cheers,
Wayan Heru

19 12 2011
Darmoko

indonesia ini masih negara kesatuan, dan keberadaan masing2 province masing-masing saling menunjjang termasuk dalam konteks kelistrikan.. apa salah bila ketergantungan sesama indonesia, sebab dalam konteks adat, budaya dan agama yang ada di bali, tidak pernah ada masalah mau ngambil pisang, janur daun pisang dsb sarana prasana dari luar bali lalu kenapa listrik menjadi masalah,,,
bagi kawan2 yang hadir dalam koment ini mohon juga dicermati tentang daya dukung lingkungan dan juga unsur ketepatan apabila geotermal itu di bangun di bedugul ?
masih ingatkah anda dengan Lapindo di sidoarjo.
siapa yang bertanggung jawab atas semburan lumpur tersebut, perusahaan, negara, orang-orang yang mendukung ataukah penduduk lokal yang terkena dampak yang sampai saat ini tidak di urus Haknya oleh Negara, Perusahaan dan juga Orang-orang yang dulu ikut serta mendukung proyek tersebut ?

salam adil dan lestari
Moko

22 12 2011
made tr

kalau mau masak pakai sinar matahari,pergi ke kantor jalan kaki atau naik sepeda ontel/ naik kuda..ga usah pake komputer, tv, masak pakai rice cooker…kalau malam hari cukup pakai sinar bulan saja..nah itu baru namanya orang yang paham dan peduli terhadap alam…”go green” dsb-nya hanya slogan di bibir saja klo masih pakai listrik di rumahnya..

menurut saya yang bodoh, suatu hal tentu ada dampak positif dan negatifnya, bagaimana bisa selama kita butuh energy seperti minyak, listrik, gas dll-nya tanpa meng-ekplorasi alam? paling yang bisa dilakukan adalah meminimalis terjadinya kerusakan alam..

atau coba kalau Bali ga ada suplay listrik selama seminggu saja? bisa di bayangin banyak karyawan/ pegawai yang nganggur karena komputernya tidak bisa terpakai,urusan administrasi terbengkalai, perusahaan pada merugi karena mesin-mesinnya tidak beroperasi, wisatawan juga ogah ke Bali..jangan hanya mengandalakan suplay listrik dari luar Bali, atau mau enak sendiri saja…atau pahami dulu geothermal itu apa? perlu study banding? jangan negatif thinking dulu..nah kalau sudah paham, silahkan komentar….tengkiu

24 01 2012
hanggono@gmail.com

Bagus sekali anda sudah belajar tentang geothermal, namun alangkah baiknya jika anda juga membaca buku, paper, berbincang dgn orang yg telah berpengalaman di geothermal dan kalau punya waktu dan biaya … jalan2 ke daerah PLTP (Kamojang, Dieng, etc).

Geothermal adalah sumber energi paling ramah lingkungan dibandingkan fossil fuel, nuklir bahkan air (PLTA).

23 05 2012
Ksatria

Dear All : Apa itu Geothermal silahkan lihat video dan penjelasannya di Link ini : http://peyete.wordpress.com/2012/04/28/pertamina-geothermal-education-engineering-video/

22 10 2012
KETOET

Saya masyarakat bali dan saya adalah pekerja di geothermal, semua ada untung dan ruginya, kita mesti menghitung berapa rugi dan berapa untung, kalau mau untung trus ya susah,,begitu juga untuk pemboran Geothermal, kenpa di tempat lain bisa melakukan pengeboran sedangkan di bali tidak,??? Janganlah kita hanya berlindung di balik Agama karena tidak ada yg mutlak,,,sepanjang pengeboran geothermal akan menyumbang banyak untuk kehidupan kita kenapa tidak ???
Jadi kita mesti bijak untuk menyikapi hal ini,,, Pengeboran Geothermal tidak sama dengan Minyak, kalaupun ada semburan yg nyembur itu tidak sama dengan Lapindo,,jadi mungkin kita masyarakat Bali hendaknya punya tempat diskusi untuk pengembangan Geothermal ini..
Dengan Energy Terbarukan, Geithermal kita akan bisa menghemat pemakaian Minyak , yg mana Minyak ini akan habis dalam 40 Thn kedepan, kalau kita tidak ada pembangkit listrik alternatif,,kita akan menerangi pulau kita dengan apa,,,,terus terang saya sangat setuju akan pengembangan Geothermal ini, kalau memang kita mengkwatirkan daerah kita tercinta, mari kita awasi bagaimana jalannya pengeboran ini…

GO GREEN……

16 11 2012
lukman

sebaiknya melihat jangan dari satu sisi… toh dilokasi lain jg masih banyak reservoir PB yg blm optimal
saya lebih menghargai segi Potensi Dampak Lingkungan dan sosio-kultural AMDAL tersebut

5 08 2013
geothermalstudentstudy

Hai.. Back Again,
now i will share you about the Altarock Energy,

this geothermal company was dealing with EGS geothermal system, one of their field were located on Newberry geothermal field, many paper has been published, it is very intresting for how they developed the field trough simulation and hydroshearing..

enjoy

http://altarockenergy.com/about-us.htm

AltaRock develops and commercializes geothermal technology to produce clean, renewable power

AltaRock Energy is a renewable energy development company focused on the research and development of Engineered Geothermal Systems (“EGS”). AltaRock has filed patent applications for a portfolio of patents in the EGS area and holds exclusive licenses for related intellectual property.

AltaRock’s current activities include an EGS project in Oregon, an innovative exploration project in Nevada as well as development of approximately 300,000 acres of land in Washington and Oregon for Weyerhaeuser.

The company has its corporate headquarters in Seattle, WA and its business office in Sausalito, CA. AltaRock was founded by Susan Petty who is also President/Chief Technology Officer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: